3 Tips Memilih Helm Bagi Kamu Pecinta Dunia Racing

Tak seorang pun di dunia ini yang tahu kapan dan dimana sebuah musibah akan dihadapinya nanti. Makanya harus selalu waspada dan hati-hati demi menjaga keselamatan diri sendiri, termasuk saat sedang mengendarai sepeda motor agar diwajibkan selalu memakai helm.

Manfaat helm sebagai pelindung kepala pengendara bila sewaktu-waktu terjadi benturan yang mungkin saja terjadi kecelakaan atau karena hal lainnya yang tidak diinginkan.

Selain informasi tentang harga Vario 150, ada sedikit tips lain yang akan berguna bagi keselamatan Anda saat berkendara di jalanan. Ada beberapa jenis helm dengan tingkat keamanan dan kenyamanan yang berbeda, berikut ulasannya :

Full dan Half Face Helmet

Salah satu jenis helm yang paling banyak di minati adalah model half face dan full face. Banyak terlihat di jalanan terutama mereka yang memakai motor cc besar menggunakan helm tipe ini karena dianggap paling aman untuk melindungi bagian kepala.

Perbedaan helm half face dan full face, keduanya mempunyai keistimewaan masing-masing. Untuk helm half face sendiri, pengendara dapat bernafas dengan leluasa. Namun dari segi lain, helm half face dirasa kurang aman dibanding helm full face.

Helm full face, sedikit terasa panas dan pernafasan sedikit kurang nyaman, namun helm full face mempunyai keunggulan lebih baik dari sisi perlindungan.

Menurut Dyan Dilato yakni Safety Riding Instruktur Ikatan Motor Indonesia (IMI) menerangkan bahwa penggunaan helm half face ataupun full face memilik fungsi sama untuk melindungi kepala. Beliau menyarankan jika berkendara pada kecepatan 20-40km, cukup memakai helm half face, namun bila berkecepatan lebih dari itu disarankan memakai full face, biasanya untuk pengendara motor sport atau 125 cc.

Berdasarkan pengujian, bagian kepala yang biasa mengalami benturan ketika kecelakaan yaitu bagian dagu, hingga menyentuh angka 34,6 %. Bagian dahi berada di peringkat kedua mencapai angka 18,3%. Lebih baik memang untuk memakai jenis helm full face, supaya aman terhindar dari debu dan tergores aspal saat terjatuh.

Flip-Up Helmet

Dilihat dari segi keamanan, helm jenis ini kurang lebih sama seperti Full Face Helmet yakni dapat melindungi secara keseluruhan bagian kepala, mulai dari bagian kepala atas, mata, telingga sampai ke dagu.

Yang membedakan dibagian depannya, yakni kaca Flip-Up Helmet dapat di naik turun kan. Kekurangan dari jenis Helm ini sendiri ketika terjadi kecelakaan mungkin saja kaca helm ini dapat terlepas dan bisa menjadikan cidera di bagian hidung, dagu, sampai mata.

3/4 Modular Helmet

Untuk jenis helm ini merupakan salah satu jenis Helm yang biasa dipakai oleh pengendara sepeda motor di Indonesia. Helm ini telah dilengkapi kaca pada bagian depan yang berguna melindungi wajah dari terpaan debu, angin, dan juga air hujan.

Selain itu, perlindungan di bagian kepala atas, wajah sampai telingga akan diberi perlindungan dari helm ini. Namun seandainya bila terkena kecelakaan, Helm ini tidak memiliki fungsi perlindungan dibagian dagu sampai mulut yang kemungkinan dapat terbentur.

Nah, itulah 3 tips untuk memilih jenis helm yang biasa dipakai oleh pengendara bermotor, dapatkan juga update menarik dari harga Vario 150 lainnya. Semua jenis Helm tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang paling terpenting adalah, supaya ketika mengendarai sepeda motor harus wajib memakai Helm agar aman demi menjaga keselamatan dan selalu berdoa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *