5 Cara Agar Tidak Mudah Capek Saat Berkendara Jarak Jauh

Berkendara pada jarak yang cukup jauh, dengan menggunakan sepeda motor memang bukan soal perkara yang mudah. Pasalnya, dengan berkendara jarak jauh itu memang terbukti bisa membuat badan menjadi lebih cepat untuk capek. Ditambah lagi apabila mengendarai sepeda motornya tidak berhenti-henti alias lanjut tancap gas terus. Lihat dulu harga Vario 150 terbaru dan berbagai motor Honda lainnya.

Nah, supaya tidak mudah capek, ada baiknya para pengguna mengetahui benar posisi dalam berkendara, lalu seperti apa berkendara yang benar itu? Trik ini cukup bermanfaat untuk para pengguna sepeda motor yang akan memakai sepeda motor untuk mudik (pulkam)

  1. Jepit bagian depan motor

Jadi, posisi duduk ketika berkendara sepeda motor itu sangat penting sekali. Apabila posisi duduk para pengendara itu benar, dijamin tidak cepat merasakan capek. Dengan demikian, usahakan para pengendara untuk selalu memposisikan pada paha ke bagian dalam menjepit jok atau buat para pengendara yang menggunakan motor model jenis sport ataupun motor gede, usahakan unuk memposisikan paha pada bagian dalam menjepit kearah tanki bensin. Selain tidak akan membuat capek saat berkendara, posisi terseut juga dapat menjadikan motor yang para pengguna yang mengendarai jadi semakin lebih stabil posisi duduknya.

  1. Jangan duduk terlalu ke depan atau belakang

Usahakan untuk jangan duduk terlalu ke depan maupun belakang pada jok motor, cara tempat sesuai kenyaman tubuh para pengguna.

  1. Posisikan punggung tegak lurus

Bagi para pengguna yang sering mengendarai sepeda motor dalam jarak yang jauh, perlu diperhatikan untuk tetap menjaga posisi punggung ketika duduk. Usahakan pada bagian punggung pengendara dalam posisi tegak lurus sewaktu berkendara dan jangan usahakan bongkok.

Untuk posisi punggung yang bongkok akan menjadikan tubuh bekerja lebih ekstra ketika mengendarai sepeda motor. Alih-alih untuk membuat posisi tubuh nyaman, duduk saat berkendara dalam posisi bongkok bisa membuat para pengguna sepeda motor gampang kelelahan dan bisa menimbulkan perubahan posisi (letak tulang punggung).

  1. Hindari posisi tangan tegak lurus saat berkendara

Bagi kebanyakan orang pasti cenderung untu meluruskan tangan sewaktu sedang berkendara. Padahal, pada posisi tangan yang tegak lurus ini mejadi lebih rentan sekali dapat membuat para pengguna sepeda motor mudah capek. Apalagi jika para pengendara sedang dalam melakukan perjalanan jarak yang cukup jauh.

Untuk mengantisipasinya, usahakan untuk selalu memposisikan tanganmu sedikit agak lebih menekuk / sekitar 30 derajat dari sisi luar tangan (siku menekuk). Selain tidak membuat para pengendara cepat capek sewaktu berkendara, posisi tangan seperti itulah yang bisa meredam efek guncangan pada bahu ketika para pengendara harus melewati jalanan berbatu.

  1. Kaki wajib siaga

Agar tidak lebih kecapekan, ada baiknya sewaktu mengendarai sepeda motor dalam jarak yang jauh letakkan kaki pada posisi siaga. Artinya, meletakkan seluruh telapak kaki pengendara di atas foot step pada motor yang akan dikendarai.

Posisi siaga ini dapat membuat kakimu tidak cepat merasa capek sebab telapak kaki ada tempat untuk pijakan. Tak hanya itu saja, posisi kaki siaga juga akan membuat kesiapan yang baik sewaktu digunakan pada saat akan mendadak ngerem maupun sewaktu menginjak pedal persneling pada motor.

Itulah beberapa  cara agar tidak mudah capek saat berkendara jarak jauh. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *