5 Cara Ini Bisa Membuat Rear Dics-mu Menjadi lebih Awet

Tips berikut ini perlu diterapkan pada motor karena disamping membuat part disc brakenya awet, juga dapat meminimalisir resiko gangguan pada disc brake. Rem itu sendiri merupakan salah satu komponen yang vital untuk keselamatan para rider. Banyak tips yang akan didapatkan seperti harga motor Honda Jatim terbaru selain tips-tips yang akan membantu Anda.

Alat yang perlu dipersiapkan adalah :

Alat Kecil

Selain alat-alat seperti kunci-kunci, tang dan lainnya. Kamu juga harus menyediakan air dan kanebo. Gunanya untuk membersihkan minyak rem yang berlebihan jika sampai terkena body motor, maka dari itu harus cepat dibersihkan dengan air. Apalagi yang Dot 5.1 jika sampai terkena akan lebih cepat terkelupas dibandingkan dengan Dot 4.0.

Ada juga cara unik lainnya yaitu botol air mineral (kapasitas 300/500 ml) dimana tutupnya dilubangi dan tengahnya dimasukkan selang, gunanya untuk pembuangan angin kalau ingin memasukkan minyak rem.

Pembongkaran Carbu

Jika Anda ingin membongkar carbu bisa membersihkan dengan bensin, tapi kalau mau membongkar master dan calipersnya perlu memakai alkohol supaya efeknya lebih baik dan bila kering lebih netral, kalau nanti akan bercampur dengan minyak rem.

Hal yang harus dibuka terlebih dahulu adalah baut caliper rem yang menempel di brake hanger, sesudah caliper terbuka sping dan pin nya. untuk pin nya sendiri ada yang model baut (seperti mito), ada juga model clip. Setelah melakukannya, dapat melepas brake padnya.

Menguras Minyak Rem

Untuk menguras minyak rem, siapkan penampungan (baskom kecil). Lakukan dengan pengendoran baut di samping hose (selang).

Di caliper ada 2 lubang, satu terhubung dengan selang, dan yang lain hanya baut (air bleed valve) dan ada capsnya (penutupnya) menyerupai pentil ban. Setelah pentil dikendorkan otomatis minyak rem akan keluar dari sana. Dan segera tuangkan ke bak penampungan.

Jika mau membongkar master rem, perlu melepasnya secara pelan-pelan agar terbuka. Perlu diperhatikan saat membukanya terutama ketika membuka cir clip. Update juga informasi lainnya seputar harga motor Honda Jatim yang bisa didapatkan secara detail selain tips menarik ini.

Perhatikan Semua Komponen di dalam Caliper

Piston di dalam caliper juga perlu dibuka dengan hati-hati. Khusus untuk piston keras bisa dibuka setelah caliper terbuka. Caranya ditekan dengan air compressor agar lebih mudah dalam membukanya.

Nah, setelah semua komponen terbuka, bersihkan dengen alkohol dan letakkan pada koran agar cepat mengering dan pastikan semua part yang akan dipasang telah kering. Supaya nanti bila sudah dipasang dan tidak bermasalah.

Pengujian Hasil Akhir Rear Disc

Sesudah semua parts dipasang kembali, jangan lupa sewaktu ingin memasang piston ke caliper, oleskan sedikit minyak rem agar tidak seret. Jika sudah terpasang kembali, proses berikutnya yakni memasukkan minyak rem. Bisa dari atas maupun dari bawah untuk melakukan proses pembuangan angin. Selanjutnya perlu dilonggarkan baut di bleed valvenya tekan-lepas-tekan rem, sehingga angin palsu di dalam bisa terbuang ke bleed valve. Pastikan semua angin sudah terbuang, karena jika masih ada angin di dalamnya, rem tidak akan berfungsi maksimal.

Setelah pembuangan angin selesai tinggal mengencangkan setting, tergantung keinginan para rider. Kalau untuk bagian depan tinggal dekat handle rem yang ada bautnya tinggal dikencangkan. Untuk bagian belakang ada mur tinggal diputar dan dikencangakan.

Setelah selesai pastikan mur dan baut sudah benar. Tinggal motor dipakai untuk tes jalan dengan kecepatan perlahan dulu untuk memastikan hasil pengeremannya. Hal ini perlu dilakukan sebagai tes keselamatan sebelum menggunakan motor tersebut.

Itulah tips bongkar-pasang rear disc agar lebih awet untuk dipakai, Anda juga bisa mendapatkan update terbaru dari harga motor Honda Jatim untuk lebih detailnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *