5 Cara Mudah Mengatasi Motor Overheat Untuk Pemula

Mesin kendaraan bekerja secara aktif menggunakan prinsip perubahan energi dari energi panas menjadi energi gerak. Energi panas ini dihasilkan dengan adanya pembakaran di dalam mesin. Panas yang hasil inilah yang akan mengubahnya menjadi energi gerak. Proses pembakaran ini bisa terjadi sebab adanya bahan bakar, oleh karena itu mesin pada kendaraan bermotor menggunakan bahan bakar bensin.

Overheat itu sendiri mengacu pada kondisi dimana komponen mesin memiliki temperatur melebihi suhu kerja mesin. Maksudnya, panas mesin ada batasannya sehingga bila panas hasil pembakaran dikirim ke komponen mesin dengan berlebihan akan mengakibatkan peningkatan berlebih pada suhu komponen yang sering disebut kondisi overheat.

Berikut 5 cara mencegah mesin motor overheat :

Membersihkan Sirkulasi Oli

Seringkali motor overheat terjadi karena sirkulasi oli yang tidak lancar, untuk mengatasi masalah ini perlu membersihkan sumbatan pada saluran oli dahulu. Umumnya sumbatan karena kerak, cara termudah membersihkannya dengan bantuan engine flush.

Solusinya cukup menuangkan 1 botol engine flush pada mesin melalui lubang pengisian oli, lalu nyalakan mesin motor 15 menit setelahnya sehingga kerak akan rontok ke bawah, kemudian bisa melakukan ganti oli mesin.

Menetralisir Sirkulasi Air Pendingin

Umumnya penyumbatan ini lebih sulit diketahui karena berada di dalam saluran dan seringnya tidak memperlihatkan tanda secara visual. Namun, bila mesin tiba-tiba panas dan tercium bau terbakar maka dapat dilakukan pemeriksaan sistem pendingin.

Solusinya cukup menguras air pendingin dan pembilasan pada sistem pendingin supaya dapat mengeluarkan semua kerak/kotoran yang  menyumbat pada saluran pendingin. Referensi lain ketika Anda melihat brosur tentang harga Vario 125 atau harga motor lainnya sebaiknya bisa menanyakan dahulu tentang adanya fitur ini pada motor agar bisa Anda ketahui.

Memakai Pengukur Ketahanan

Beberapa motor memakai pendingin radiator dan dilengkapi cooling fan yang digerakkan oleh energi listrik. Sistem kerjanya pada kipas yang berputar ketika suhu mesin mulai melebihi batas normalnya.

Namun saat kipas tidak berputar bisa jadi mesin mengalami overheat, khususnya pada kondisi mesin yang memberatkan. Solusinya dengan memakai pengukuran tahanan, bila tahanannya 0 menandakan rangkaian tersambung. Namun bila tahanan jauh dari nol atau tak terhingga artinya rangkaian terputus.

Mengistirahatkan Mesin Motor

Kondisi overheat terjadi saat motor bekerja cukup keras misalnya saja ketika sedang naik gunung. Banyak mesin yang ngebul dan mati mendadak, karena saat menanjak itulah beban piston untuk bergerak naik turun menjadi semakin besar.

Pinggirkan motor ke tepi dan menunggu sampai suhu pada mesin menjadi hangat. Usahakan tidak boleh menyiram/mengompres mesin memakai air dingin, yang bisa menjadikan logam komponen mesin retak akibat perubahan pada suhu yang drastis.

Jangan Paksakan Mesin Motor secara berlebihan

Masalah yang terakhir dapat dijumpai ketika touring keluar kota maupun saat mudik. Kondisi lalu lintas yang macet ditambah pula jarak tempuh hingga ratusan kilo menjadikan kinerja mesin jadi lebih ekstra. Solusinya, berhenti sejenak selang berkendara beberapa jam. Berguna mendinginkan mesin secara alami sekaligus mengistirahatkan tubuh.

Itulah cara mudah untuk mengatasi motor overheat untuk pemula, jika memang bermasalah pada motor Anda bisa langsung datang ke bengkel resmi terdekat untuk mendapatkan penanganan yang baik. Informasi lain bisa didapatkan dari update terbaru harga Vario 125 dan motor lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *