5 Tips Penting Agar Motor Awet dan Masih Laku Dijual

Mempunyai kendaraan bermotor merupakan kebanggaan tersendiri bagi beberapa orang. Terlebih lagi jika masa pemakaiannya sudah terlampau sangat lama, tentu harga jualnya pun juga semakin turun. Namun berbeda jika seseorang merawat motornya tersebut dan masih tetap awet sampai beberapa tahun kemudian, harganya akan tetap turun tetapi masih dalam kisaran yang tinggi.

Merawat sebuah motor perlu dilakukan secara berkala meliputi seluruh komponen kendaraan mulai dari mesin, bodi, ban hingga oli dan jenis bahan bakar yang dipakai supaya motor tersebut tidak mudah mogok ketika dikendarai nanti.

Berikut 5 tips penting agar motor awet dan masih laku dijual yang perlu anda ketahui :

  1. Ganti oli secara rutin

Mirip dengan kendaraan jenis lainnya, motor biasa pun juga memerlukan pelumas yang wajib diganti secara berkala (setidaknya setiap 1 bulan sekali walaupun jarang dipakai). Hal tersebut bertujuan agar kualitas mesin dari motor tersebut tetap terjaga, mengingat jika telah mengalami kerusakan pada mesin tentu mencari penggantinya sangat sulit.

  1. Pakai bahan bakar beroktan tinggi

Walaupun mesin yang dipakai tergolong tua tetap diwajibkan mengisi bahan bakar dengan oktan tinggi, dikarenakan dengan penggunaan BBM jenis oktan tinggi contohnya Pertamax atau pertalite bisa meningkatkan kualitas mesin tetap terawat secara baik. Sehingga untuk anda pemilik motor yang tetap memakai BBM premium, harus segera beralih ke jenis oktan yang lebih tinggi untuk menjaga kualitas mesin kendaraan tersebut.

  1. Ganti dengan spare part asli

Jika mengalami kerusakan pada salah satu bagian sebaiknya belilah menggunakan spare part asli dari pabrikan. Selain secara kualitas yang lebih terjamin dengan menggunakan spare part asli membuat kendaraan Anda bisa tampil lebih maksimal dan pastinya lebih menghemat pengeluaran. Jika Anda menggunakan spare part palsu biasanya akan dengan sangat mudah mengalami kerusakan kembali sehingga Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih banyak untuk melakukan pergantian.

  1. Cek secara rutin

 

Apabila motor jarang dipakai tetap saja harus dilakukan pengecekan secara rutin atau setiap seminggu sekali. Periksalah pada bagian rem, pada pengapian, kelistrikan sampai ban agar anda dapat melihat bagian yang mungkin mengalami kerusakan. Tak hanya itu, dengan rutin melakukan perawatan jadi harga jualnya pun menjadi lebih tinggi.

  1. Promosikan ke Situs Penjualan Motor

Untuk meraih hasil penjualan yang lebih bagus ketika anda hendak menjual motor kesayangan, dengan menjualnya ke situs penjualan motor. Karena dengan menjualnya ke media sosial kemungkinan anda akan meraih keuntungan yang lebih besar. Melalui situs online biasanya para kolektektor motor akan mencari model terbaik dengan perawatan yang terbaik.

Itulah beberapa tips ringan merawat motor agar lebih awet dan masih laku untuk dijual. Semoga lebih bermanfaat. Update juga harga Vario 150 terkini dan berbagai harga motor lainnya sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *