7 Tips Penting Merawat Motor Matic Agar Awet

Sepeda motor matic telah menjadi pilihan banyak para pengendara di Indonesia. Banyaknya yang beralih ke motor matic mempunyai alasan tersendiri. Ada yang menerangkan motor matic tak serumit motor manual untuk mengendarainya, lebih praktis untuk yang baru belajar mengendarai sepeda motor, dll

Walaupun demikian, perawatan motor matic injeksi harus tetap diperhatikan. Agar menjaga performa dari motor matic injeksi dan supaya bisa lebih irit.

Berikut ini 7 tips penting merawat motor matic agar awet, diantaranya :

  1. Memanaskan Mesin

Proses memanaskan mesin di pagi hari maupun saat motor baru akan dipakai adalah hal yang perlu untuk dilakukan. Tujuannya supaya proses pembakaran dalam mesin dapat sempurna sebelum dijalankan.

Tak hanya itu, pemanasan berguna supaya oli mesin bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin motor dan menstabilkan temperatur mesin motor. Pemanasan bisa dilakukan 5-10 menit. Caranya dengan kick starter secara berulang menggunakan kontak dalam posisi off. Tujuannya untuk membagi oli ke dalam mesin tadi. Kemudian dapat menghidupkan dengan memutar kontak dalam kondisi on hingga mesin hidup.

  1. Mengendarai motor secara baik

Usahakan jangan terlalu sering mengendarai motor dengan cara melaju pada kecepatan tinggi dan melakukan pengereman secara mendadak kemudian motor kembali di laju pada kecepatan tinggi lagi secara berulang. Hal tersebut bisa merusak kondisi mesin motor matic. Jadi gunakan motor matic sewajarnya saja.

  1. Pengecekan kondisi bahan bakar

Periksa selalu kondisi bahan bakar dalam tangki bahan bakarnya. Jangan sampai tangki bahan bakar dalam kondisi Empty atau kosong. Motor matic injeksi tidak bisa dalam keadaan bahan bakar yang kehabisan, karena dapat menyebabkan motor menjadi mogok.

  1. Penggantian Oli mesin secara rutin

Penggantian oli mesin yang baik setiap pemakaian 1500-2000 km. Mengabaikan penggantian oli secara baik akan menjadikan elemen-elemen mesin motor matic cepat rusak.

  1. Periksa kondisi aki dan busi

Perawatan pada komponen busi dan aki diperlukan agar menjaga motor tetap tampil prima dan bertenaga ketika melaju. Selalu cek kondisi busi dan aki dalam menunjang sistem kelistrikan motor matic agar selalu tetap baik.

  1. Periksa v-belt dan roller

V-belt dan roller merupakan komponen yang rentan sekali terhadap kerusakan sebab pemakaian dan kotoran yang ada dalam ruang transmisinya. Periksa kedua komponen tersebut secara rutin, jika kondisi tak layak segera lakukan pergantian yang baru dan asli.

  1. Periksa shockbreaker

Perawatan terakhir yang harus diperhatikan adalah komponen shockbreaker. Motor matic memakai single shockbreaker yang harus diperiksa kondisi oli dan cara kerjanya.

Apabila motor matic mengeluarkan suara yang berasal dari shockbreaker motor tersebut, kemungkinan oli shockbreaker-nya minta diganti. Anjuran penggantian oli tersebut setiap 10.000 km pemakaian.

Itulah beberapa tips merawat motor motic agar tetap awet dan sangat penting dilakukan, demi menjaga kenyamanan moptor ketika dikendarai. Banyak update harga motor Honda Jatim yang bisa dilihat juga dari berbagai tipe. Semoga tips tersebut bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *