Begini Rencana Honda Tahun Depan di MotoGP

Honda Lovers, kangen juga ya sama Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Wajar sih, soalnya kan masih liburan sebelum balapan MotoGP musim 2018 dimulai. Tapi tenang. Kita nggak kehabisan bahan kok buat mengulas seputar jenjang paling tinggi di balap roda dua ini. So, bagaimana kalau kita ngobrolin soal rencana Honda di balap MotoGP musim depan? Akur?

Memang sih, dalam kurun waktu tujuh musim terakhir pabrikan berlambang sayap mengepak ini selalu menjadi raja alias mendominasi. Bagaimana tidak? Kan sudah dibuktikan dengan menggondol tujuh gelar konstruktor dan lima pembalap sejak 2011. Namun masih banyak PR Honda nih. Seperti diketahui, dua tahun belakangan menjadi eranya teknologi baru. Namun belum ada satu pun tim yang berhasil mengatasi regulasi kontrol di perangkat lunak dan ban. Termasuk HRC, yang mungkin telah melakukan perubahan besar di mesin.

Mulai dari mengubah rotasi crankshaft Honda RC213V sampai mengganti yang mereka namakan big bang engine untuk mendongkrak daya cengkeram. Konsekuensinya, rasio gigi, settingan elektronik sampai suspensi juga harus berbeda. Yang pasti inilah yang cukup menyulitkan para pembalapnya. Itu kenapa dari awal sampai pertengahan musim Marc Marquez hanya meraih satu kali kemenangan dari delapan balapan.

“Awal musim balap 2017 memang masih lebih ke arah pengembangan motor. Bagi pembalap, semuanya berubah. Jadi cukup menyulitkan Marc Marquez untuk mengerti dan beradaptasi dengan karakter mesin yang baru,” katanya Chief Engineer Marquez, Santi Hernandez.

Namun HRC sudah mengerjakan beberapa pengembangan untuk musim 2018. “Sama seperti semua orang, kami menginginkan motor yang kencang, lebih stabil, jarang wheelie dengan daya cengkeram yang lebih baik serta ban yang lebih awet,” tambah Hernandez.

Dirinya percaya bahwa Honda bakal mampu mengatasi masalah kecepatan dan akselerasi serta beberapa kendala di atas. Apalagi motornya punya kemampuan untuk melahap tikungan serta keluar dari tikungan dalam kecepatan tinggi. Jadi, tunggu saja tanggal mainnya saat Marquez menjajal motor baru Honda di sesi uji coba di Sepang Januari mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *