Cara Cuci Helm Cepat Bersih Dalam Waktu Singkat

Sebagai pengendara motor, tentunya helm adalah sebuah perlengkapan wajib digunakan. Untuk riders yang memakai helm untuk harian maupun hanya dipakai ketika satmori dan sunmori saja, pastinya lama-kelamaan kondisi helm akan menjadi kotor. Lalu bagaimana tips cara cuci helm cepat bersih dalam waktu singkat!

Berikut adalah tips khusus cara cuci helm yang gampang dilakukan dirumah:

  1. Sediakan Peralatan Untuk Mencuci Helm

Sebelum melakukan proses mencuci helm, para riders harus mempersiapkan segala kebutuhan dan alat-alat seperti ember, air hangat, sabun (tidak perlu sabun khusus cukup baby shampoo) dan Lap micro fiber.

  1. Buka Terlebih Dahulu Comfort Liners (Padding Helm Riders dan Visornya)

Mungkin dari jenis helm ada yang dapat dilepas bagian comfort linernya. (bagian empuk yang menjadikan kepala nyaman / padding. di bagian inilah yang nantinya akan dicuci, dapat dilepas per bagian. Ada 3 bagian yang bisa dilepas, yakni bagian pipi kiri, pipi kanan, dan bagian atas. Namun beberapa helm lainnya di bagian chin pad dan nose guard.

Untuk helm yang comfort liner (padding) nya tak bisa dilepas, lewati proses ini karena nanti helm dapat dicuci langsung pada batok-nya (outer shell). Sesudah semua comfort liner (padding) dilepas, jangan lupa lepaskan visor (kaca) helm yang hendak dicuci. Usahakan cari terlebih dahulu cara membukanya, karena tiap-tiap helm berbeda.

  1. Masukkan Comfort Liners (Padding Helm) ke Wadah Ember Berisi Air Hangat

Masukkan sabun pencuci terlebih dahulu ke dalam wadah ember yang berisi air hangat ( sabun pencuci bisa gunakan shampoo bayi) alasannya sabun tersebut lebih aman dan nyaman untuk kepala riders. Kemudian ambil comfort liners / padding helm yang telah dilepas, kemudian masukkan ke wadah ember selam 5-10 menit supaya sabun bisa meresap ke dalam padding helm.

  1. Sambil Menunggu perendaman, Cuci Outer Shell / Batok Helm

Pakailah 2 microfiber yang cukup besar sebab akan dipakai untuk menutup helm dan visor helm. Basahi kedua microfiber menggunakan air hanggat terlebih dahulu, sebelum helmnya. Tujuannya untuk mengangkat semua kotoran yang ada di permukaan helm dan visor. Kemudian tutup helm dan kaca helm menggunakan 2 microfiber hangat itu, lalu diamkan beberapa saat sedudah pencucian comfort (padding helm) selesai.

  1. Mencuci Comfort Liners / Padding Helm di Wadah Ember

Bersihkan comfort liner (padding helm) satu per satu. Selagi di dalam sabun, ambil salah satu bagian dan mulailah untuk memijat paddingnya dengan halus dan perlahan supaya permukaan-nya tidak rusak. Kemudian lakukan pembilasan dengan bersih.

  1. Jemur Comfort Liners (Padding) Helm

Upayakan ketika melakukan penjemuran helm di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung namu tidak lembab. Taruh di atas kain supaya alas tempat menjemur tidak membuatnya basah, untuk pengeringan lebih cepat dapat memakai kipas angin (jangan gunakan hair drier).

  1. Pasang kembali Comfort Liners / Padding Helm Ketika Kering

Setelah melakukan penjemuran maupun pengeringan, para riders harus memasang kembali setiap part-part helm tersebut secara benar dan terkunci dengan baik.

Itulah beberapa tips menarik yang dapat disampaikan. Banyak juga update selain berita seperti harga Vario 150 dan berbagai harga lainnya yang bisa Anda ikuti. Semoga bisa bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *