Hal-Hal Penting Saat Belajar Mengendarai Motor

Honda_CBR250R_Ride1

Jadi Anda ingin belajar mengendarai sepeda motor? Atau Anda sedang mengajari keluarga, teman, atau pacar mengendarai motor? Simak beberapa tips penting berikut, yang sebaiknya diperhatikan saat belajar mengendarai kendaraan roda dua ini. Pasalnya, saat ini banyak pengguna sepeda motor yang asal-asalan belajar naik motor, sehingga perilakunya di jalan raya pun ugal-ugalan dan membahayakan pengguna jalan lainnya.

  • Safety gear

Mengendarai sepeda motor pada dasarnya adalah kegiatan dengan resiko yang tinggi. Oleh sebab itu, lindungi diri Anda dengan perlengkapan keselamatan (safety gear) yang tepat untuk menghindari diri dari cidera. Poin pertama ini cukup penting, karena banyak pengendara motor pemula yang tidak dibekali dengan pengetahuan ini, sehingga mereka kurang menyadari betapa berbahayanya mengendarai sepeda motor tanpa safety gear.

  • Ikuti training/pelatihan mengendarai sepeda motor

Meskipun pada dasarnya Anda bisa belajar mengendarai motor di tempat parkir, lapangan, atau komplek perumahan, ada baiknya jika Anda juga mengikuti pelatihan sepeda motor resmi yang saat ini menjamur dimana-mana. Keterampilan yang Anda peroleh dari kursus tersebut akan bermanfaat pada saat di jalan rasa.

  • Mulai belajar pelan-pelan

Sebagai pengendara pemula, mereka cenderung membuat kesalahan yang berpotensi membahayakan keselamatan mereka. Oleh sebab itu, upayakan untuk tetap tenang, santai, dan mulai dengan kecepatan yang pelan. Mahir mengendarai sepeda motor membutuhkan proses latihan yang panjang.

  • Pelajari aturan-aturan lalu lintas

Peraturan lalu lintas untuk pengguna sepeda motor di setiap negara berbeda-beda. Oleh sebab itu, alih-alih belajar mengendarai sepeda motor, ada baiknya juga Anda belajar tentang aturan lalu lintas. Sumbernya bisa diperoleh dimana saja, di internet juga banyak tersedia.

  • Buat SIM

Tidak ada alasan bagi Anda mengendarai sepeda motor tanpa Surat Izin Mengemudi (SIM). Ketika sudah lancar mengendarai motor dan memahami aturan-aturan lalu lintas yang berlaku, segeralah untuk mengikuti prosedur pembuatan SIM motor.

 

Yap, itu dia beberapa poin penting saat Anda belajar mengendarai sepeda motor. Menumbuhkan prinsip safety riding saat belajar mengendarai sepeda motor sangat penting untuk menumbuhkan kesadaran keselamatan berkendara di jalan raya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *