Ini Dia 7 Tips Safety Riding Dari Ahlinya!

Sekarang tidak perlu khawatir lagi jika ingin menerapkan safety riding karena ada 7 tips menarik di bawah ini yang bisa mencegah terjadinya kecelakaan, tentunya demi keamanan dan keselamatan ketika berkendara di lalu lintas. Dari hasil survey yang melibatkan beberapa pengendara bermotor, banyak yang tidak mengetahui tentang safety riding.

Kebanyakan masih mengacu pada kelengkapan surat dan memakai helm saja! Hal ini yang tidak memungkiri jika masih banyak terjadi angka kecelakaan yang masih tinggi dan diakibatkan oleh ketidaktahuan akan safety riding tersebut.

Selain update harga motor Honda Jatim dan berbagai update artikel lainnya, secara khusus juga memberikan tips bagaimana bisa menjaga keselamatan diri saat berkendara. Berikut tips menarik safety riding menurut para ahlinya :

Gunakan Helmet Standar SNI

Umumnya ketika memilih sebuah safety helmet, hanya membutuhkan 2 kriteria saja yakni “nyaman dan aman”. Nyaman saat dikenakan dan aman untuk dipakai. Tentunya sangat dianjurkan untuk pemakaian helm SNI. Hal inilah yang menjadi syarat utama yang harus dipenuhi sesuai dengan standar dari safety riding.

Jaket Untuk Mencegah Benturan dan Goresan

Saat ini jaket ada dalam beragam macam bahan, warna dan model. Pilih jaket yang nyaman dan aman yang dibutuhkan. Untuk perjalanan jauh pilih yang dapat menyerap keringat serta tidak tembus angin. Jenis dari bahan Gore-Tex atau Cordura pilihan terbaiknya. Pemasangan protector sangat sesuai untuk mencegah benturan yang ketika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Celana Sebagai Pelindung Kaki

Penggunaan celana yang baik seperti jeans, soft canvas, kulit Gore-lex dan cordura. Bahan tersebut mempunyai daya tahan gesekan yang cukup baik. Umumnya dipasangi lapisan dari bahan katun untuk sisi dalam, supaya cepat menyerap keringat dengan baik. Untuk celana touring buatan pabrik, umumnya dipasangkan beberapa pelindung tubuh.

Rompi Pelindung Dada

Alat yang satu ini kegunaannya mencegah penyakit paru-paru ataupun masuk angin saat tubuh kita terkena terpaan angin secara langsung di malam hari, walaupun telah memakai jaket tebal namun tidak ada salahnya memakai alat ini demi keselematan dan kesehatan ketika berkendara.

Sepatu yang Kuat

Klasifikasi penggunaan sepatu yang nyaman harus tinggi juga melewati mata kaki serta ada pelindung tepat pada mata kaki, usahakan jangan bertali, nyaman untuk dipakai, terbuat dari bahan alami atau jenis kulit, memiliki sirkulasi udara baik dan lapisan lembut disisi dalam.

Sarung Tangan

Fungsinya sebagai pelindung tangan dan jari ketika udara dingin ataupun hujan. Pemilihan bahan kulit yang terbaik sebab tidak meneruskan sifat panas ke telapak tangan ketika terjadi pergesekan pada permukaan jalan. Kami sarankan, memilih glove panjang dengan bahan kulit yang memiliki pelindung Kevlar pada buku-buku jari dan Serat Karbon. Selain sarung tangan yang harus dipakai adalah Knee protector (pelindung lutut), elbow protector (pelindung lengan atau siku).

Penutup hidung

Untuk pemilihan bahan, sebaiknya bisa menghindari pemilihan jenis pelindung dengan bahan fiberglass sebab sesuai pada sifatnya, fiberglass sangat mudah rapuh atau patah dengan ujung yang tajam dan kaku atau seperti kaca, patahan tersebut akan menjadikan cidera tambahan untuk pemakainya. Lebih sesuai, plihlah bahan Kevlar atau serat karbon sebagai gantinya.

Itulah beberapa tips yang dapat diikuti seputar Safety Riding pada pengendara bermotor. Untuk informasi lain seperti update terbaru harga motor Honda Jatim bisa dilihat pada artikel lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *