Kolaborasi Honda CBR250RR dan Awhin Sanjaya Tak Terbendung

SENTUL, BOGOR – Awhin Sanjaya semakin tak terbendung pada Kejurnas Sport 250cc Indospeed Race Series (IRS) 2018 di Sentul International Circuit, Bogor, Jawa Barat. Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) ini memungkasi seri ke-2 IRS dengan kemenangan pada podium tertinggi.

Balapan seri kedua IRS menjadi pembuktian performa tangguh Awhin Sanjaya bersama tunggangan andalannya, Honda CBR250RR. Pada balapan pertama (30/6), pebalap asal Luwu Utara, Sulawesi Selatan ini berhasil menggapai podium ketiga setelah menempuh 12 putaran dan bersaing ketat dengan dua pebalap lain.

Tak puas dengan podium ketiga yang diraihnya pada balapan pertama, Awhin berusaha meningkatkan performa apiknya pada balapan kedua (1/7). Dengan catatan waktu total 20 menit 47,817 detik, pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) ini tampil unggul sebagai pebalap pertama yang menyentuh garis finis, beda sangat tipis dengan beberapa pebalap di belakangnya.

Pada balapan kedua ini, Awhin memulai dari grid ke-7. Dia melakukan start dengan mulus, hingga tikungan pertama mampu mencuri dua posisi di depan. Awhin terus bersabar dan mengikuti rombongan terdepan untuk kemudian melakukan ”serangan” pada putaran terakhir.

Kesabaran dan usahanya berhasil. Pada lap terakhir di tikungan 5 (s kecil), Awhin berhasil menyodok ke posisi pertama dari posisi keempat. Dia pun terus memimpin rombongan hingga finish. ”Saya senang sekali, karena pertama kalinya mencapai podium teratas di IRS. Terima kasih kepada AHRT, sponsor, dan semua yang sudah mendukung dan mendoakan saya,” ucap Awhin.

Hasil yang ditorehkan Awhin selama seri kedua ini mengatrol posisinya pada klasemen sementara. Poin total yang diperoleh kini mencapai 66, dan bertengger di posisi kedua, atau hanya berjarak 17 poin dari pemuncak klasemen.

Sementara itu, Mario Suryo Aji, pebalap AHRT lain yang mengikuti ajang ini, berhasil memperbaiki penampilan dari balapan pertama yang finis pada posisi ke 22. ”Super Mario” start dari posisi ke-22, lalu mencoba untuk tidak tertinggal dari rombongan depan.

”Saya beberapa kali mencoba untuk melakukan overtake, tetapi gagal karena kalah posisi. Saya harus puas finish di posisi ke-11. Ini menjadi pembelajaran berharga untuk saya dapat berkembang lebih baik lagi,” ucap Mario.

Sedangkan M Adenanta Putra yang pada balapan pertama finis posisi ke-20, pada balapan ke-2 kali ini gagal menyelesaikan lomba. Dia terjatuh pada putaran kelima di tikungan ke-3 saat mencoba overtake pebalap di depannya.

GM Marketing Planning and Analysis AHM, A Indraputra mengatakan hasil baik pada Kejurnas kelas sport 250 cc seri kedua IRS 2018 ini merupakan cerminan dari kerja keras pebalap dan semua pihak yang mendukung pengembangan kemampuan pebalap binaan AHM selama ini.

”Hasil yang membanggakan untuk Awhin dan menjadi modal untuk menyongsong balapan selanjutnya. Namun perjalanan masih panjang. Banyak pelajaran yang bisa dipetik dan dijadikan bekal untuk melangkah ke jenjang lebih tinggi, termasuk ajang balap dengan skala lebih besar,” kata Indraputra.

Kejurnas Sport kelas 250 cc ini masih menyisakan empat seri lagi yang akan berakhir pada November 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *