Manfaat Service Berkala dan Efeknya Bisa Membatalkan Garansi Jika Tidak Diservice

Keputusan memiliki sebuah kendaraan bisa didasari oleh berbagai latar belakang. Salah satunya ialah sebagai kebutuhan sarana transportasi agar dapat menunjang segala aktifitas sehari-hari.

Dengan alasan tersebut tentunya sebagai pengguna kendaraan pasti sangat tak menyukai apabila kondisi kendaraannya bermasalah sewaktu akan digunakan. Supaya hal tersebut bisa dihindari, caranya ialah dengan melakukan service perawatan secara berkala.

Servis berkala atau yang disebut servis rutin merupakan suatu prosedur yang diwajibkan oleh pabrikan tersebut. Jika kendaraan masih dalam keadaan masa garansi namun tidak menjalankan servis perawatan berkala di bengkel resmi, otomatis garansi yang dipunyai tersebut dapat dikatakan hangus atau tidak akan berlaku lagi.

Manfaat yang akan peroleh jika menjalankan servis berkala pada kendaraan, maka kondisi mesin kendaraan akan tetap selalu dalam keadaan performa yang maksimal. Seiring dengan penggunaan kendaraan dalam kebutuhan rutinitas, tentu beberapa komponen kendaraan akan terjadi perubahan.

Perubahan tersebut contohnya yakni saringan udara menjadi kotor, busi menjadi aus, kampas rem menjadi semakin tipis dan lain sebagainya. Dengan perawatan berkala, komponen tersebut akan dilakukan pembersihan / penyetelan kembali.

Apabila ada part mobil yang tak bisa bekerja dengan baik maka akan segera dilakukan penggantian. Dengan demikian, kondisi mesin kendaraan akan tetap terjaga secara maksimal.

Perawatan yang pada kendaraan yang dilakukan secara rutin, tentunya semua komponen dapat dipastikan bekerja secara optimal. Apabila kendaraan tetap terjaga dalam kondisi baik, tentunya pengendara akan terhindar dari perasaan cemas. Mengendarai motor pun bisa menjadi lebih tenang dan terasa nyaman.

Tujuan lain dari service berkala ini ialah bisa mengurangi beban pengeluaran yang semakin besar. Apabila masalah pada kendaraan bisa terdeteksi lebih awal sebelum terjadinya suatu kerusakan yang lebih parah lagi. Hal tersebut sangatlah penting sebab pada kendaraan banyak komponen sistem yang saling berhubungan satu sama lain.

Jika Anda mengetahui kondisi kendaraan lebih awal maka Anda dapat mengatur pengeluaran agar dapat melakukan penggantian komponen yang rusak itu.

Kendaraan ynag mogok di jalan merupakan suatu hal penting yang paling dihindari bagi para pengendara. Dengan servis berkala, kondisi demikian itu bisa diminimalisir.

Kondisi kendaraan yang mogok dapat disebabkan oleh beberapa hal, contohnya kondisi aki yang lemah, sistem pengisian yang tidak normal, aliran bahan bakar yang tidak lancar, minyak kopling habis dan lainnya. Selain dengan melakukan secara berkala itu sangat baik, resiko akan adanya kerusakan juga bisa dikurangi jadi umur pada kendaraan juga semakin tahan lama.

Ada juga peraturan apabila para pengendara kendaraan bermotor tidak melakukan service secara rutin, maka akan berdampak bisa membatalkan garansi seperti diantara :

Frame   : 1 tahun / 10.000 km

Electric : 1 tahun / 10.000 km

Engine  : 3 tahun / 30.000 km

Fuel System : 5 tahun / 50.000 km

Untuk itu bisa terus melakukan perawatan service secara berkala untuk menghidari segala resiko yang tidak di inginkan bagi setiap pengendara kendaraan bermotor.

Semoga penjelasan singkat diatas mengenai manfaat dan pentingnya menjalankan service perawatan berkala pada kendaraan ini bisa lebih berguna. Ikuti terus perkembangan harga motor Honda Jatim yang terupdate agar bisa tahu kisaran harga yang masih berlaku saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *