Mesin Motor Matic Bergetar, Cek Komponen CVT

Mesin Motor Matic Bergetar

Mesin bergetar ketika baru dibawa jalan atau saat berjalan pelan? Apa lagi ketika di tengah kemacetan, getaran terasa mengganggu? Atau bahkan sering kali tersendat? Nah gejala seperti itu bisa jadi disebabkan oleh V-Belt yang rusak atau bahkan hampir putus.

Batas maksimal pemakaian V Belt untuk motor matic seperti Honda BeAT adalah 24.000 km. Dan apabila sudah menyentuh jarak tempuh segitu, sudah waktunya wajib ganti, karena jika dibiarkan akan beresiko merambat ke bagian CVT yang lain.

Penyebab dari masalah ini adalah berawal dari V belt yang mulai retak-retak akibat jalanan yang kotor. Paling parah jika kondisi tersebut dipaksakan karena dapat berakibat putus dan motor gak bisa jalan. Selain itu penyebab lannya adalah karena tidak pemakaian yang tidak sesuai dengan aturan penggunaan motor matic.

Penggunaan yang kurang baik dalam mengendari motor matic adalah seperti sering menarik gas dan rem secara bersamaan. Oleh karena itu, perawatan yang rutin dan berkala harus dijaga. Standartnya perawatan untuk pengecekan CVT adalah setiap 8000 km atau dalam jangka waktu 4 bulan sekali.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *