Sejarah 25 Tahun Honda FireBlade

Honda Lovers pasti paham betul sama yang namanya FireBlade. Itu tuh, moge produksi Honda yang diklaim punya bobot yang ringan namun mampu melesat kencang. Nah, beberapa waktu lalu Fireblade merayakan ulangtahunnya yang ke 25 nih Honda Lovers. So, gimana kalau sekarang kita melakukan kilas balik soal FireBlade nih?

CBR900RR-N/P FireBlade – Round Eye (1992-1993)

FireBlade perdana melakukan debut dunianya di 1992 dan langsung menyita perhatian penggemar roda dua seantero jagad. Dikembangkan oleh Tadao Baba, konsep revolusioner ini punya target untuk mengalahkan Honda RVF750 untuk menjadi motor paling kompak dan ringan di kelasnya. Awalnya sih memang direncanakan punya mesin yang kubikasinya cuma 750cc, tapi pada akhirnya kapasitas tersebut membengkan menjadi 893cc namun tetap mempertahankan proporsi motor 600cc.

CBR900RR-R/S FireBlade – The Foxeye (1994-1995)

Dua tahun lepas peluncuran FireBlade pertama yang membuat Honda meraih kesuksesan luar biasa, tim desain pabrikan sayap kepak melakukan terobosan dengan mengubah beberapa bagian Honda CBR900RR-R/S FireBlade. Mulai dari merombak komponen mesin guna menambah tenaga sebesar 2bhp, merancang ulang lampu depan hingga menerapkan velg berukuran 16 inci di depan saat pabrikan lain biasa menggunakan velg 17 inci.

CBR900RR-T/V FireBlade (1996-1997)

Generasi ketiga FireBlade ini dikalim punya performa lebih bertenaga dengan bobot yang lebih ringan. Kapasitas mesinnya didongkrak menjadi 918cc untuk meningkatkan tenaga puncak 128bhp. Tidak hanya itu. Setelah memasang knalpot stainless dan merancang tangki bensin anyar, bobotnya turun hingga 183 kg. Desain joknya juga baru lho.

CBR900RR-W/X FireBlade

Kehadiran Honda CBR FireBlade generasi keempat ini dibayang-bayangi oleh kemunculan pesaing terdekatnya. Buat melawannya, bobotnya dipangkas menjadi 180kg, sementara tenaga puncaknya meningkat menjadi 130bhp. Honda mengklaim 80% komponen yang digunakan pada motor ini adalah komponen anyar.

CBR900RR-Y/1 FireBlade 929 (2000-2001)

Kurang suksesnya seri W akibat gempuran kompetitor yang demikian hebat, membuat tim yang dikomandani Baba harus memutar otak lebih keras dan melakukan aksi yang lebih agresif. Hasilnya adalah all new Blade yang mengembalikan elemen-elemen utama dari sebuah FireBlade. Dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 929cc fuel injection bertenaga 148bhp, model dimaksud mengadopsi sasis anyar. Velg depan berukuran 16 inci terpaksa dipensiunkan dan diganti dengan velg berdimensi 17 inci. Tampilannya lebih tajam dengan handling lebih sempurna plus bobot yang lebih ringan lewat penggunaan knalpot dan silencer titanium.

CBR900RR-2//3 FireBlade 954 (2002-2003)

Serbuan bertubi-tubi dari kompetitor membuat tim Honda wajib menyiapkan amunisi. Hasilnya adalah Honda CBR900RR-2/3 FireBlade yang mengusung mesin berkapasitas 954cc dengan tenaga mencapai 150bhp. Desainnya menawan, lebih agresif dengan sudut-sudut tajam plus peningkatan performa di sektor pengendalian. Paten.

Honda CBR1000RR-4/5 FireBlade (2004-2005)

Generasi keenam Honda FireBlade ini sudah tidak mengecap tangan dingin Tadao Baba. Gantinya mereka mempercayakan pengembangannya kepada Honda Racing Coorporation alias HRC, divisi balap Honda. Terinspirasi oleh pacuan MotoGP, Honda RCV211V, mereka meracik mesin 998cc bertenaga 169bhp  untuk dipasang pada model ini.

CBR1000RR-6/7 FireBlade (2006-2007)

Kendati tampilannya mirip dengan model sebelumnya, Honda menggadang bahwa versi anyar ini punya banyak perbedaan. Para teknisi Honda menerapkan porting serta mengganti katup untuk mendongkrak torsi sekaligus meningkatkan tenaga hingga 3 bhp. Langkah tersebut diimbangi dengan memasang cakram dengan dimensi lebih lebar untuk meningkatkan daya pengereman.

CBR1000RR-8-11 FireBlade (2008-2011)

Model anyar ini diluncurkan pada tahun 2008 dan dirancang mirip dengan Honda RCV. Mulai dari underseat exhaust dengan tampilan lebih membulat. Sebagai motor jalan raya, performanya juga tidak bisa dianggap enteng. Mesin 998cc nya sanggup menyemburkan tenaga puncak sebesar 175bhp. Di 2009, model ini menerapkan sistem Combined-ABS. Dan satu tahun kemudian flywheel bawaan pensiun, diganti dengan flywheel yang lebih ringan plus motor kipas radiator yang lebih kompak.

CBR1000RR-12-16 FireBlade (2012-2016)

Menandai 20 tahun FireBlade, Honda meluncurkan model anniversary di tahun 2012. Nggak hanya facelift, sistem suspensi depan dan belakang diperbaharui, velg palang 12 yang lebih ringan, serta LCD baru. Di 2014, versi SPnya dilengkapi dengan suspensi Ohlins.

CBR1000RR SP (2017)

Menyambut ulang tahun peraknya, Honda melansir CBR1000RR SP FireBlade. Selain tampilannya yang anyar, Honda juga membekali motor ini dengan segudang fitur baru yang canggih. Mengusung mesin 4 silinder segaris, motor berkapasitas 999cc ini sanggup menggelontorkan tenaga sebesar 188 hp dengan lonjakan torsi mencapai 116 Nm yang dikirim lewat sistem transmisi manual 6 speed. Teknologi 5-Axis Inertial Measurement Unit, suspensi Ohlins S-EC, Suspension Control Unit, Riding Mode Select serta Power Selector hanyalah sebagian fitur terkini yang ada di motor dimaksud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *