Sekilas Sejarah Honda Bebek

Honda Lovers masih ingat waktu kecil dulu kakek sering bawa motor bebek imut yang warnanya merah? Sejatinya ada warna lain sih. Hanya yang paling populer itu adalah warna merah. Nah, itu tuh Honda Super Cub. Itu adalah mbahnya motor-motor bebek honda yang sekarang marak beredar. Motor yang diyakini merupakan perpaduan antara moped dan skuter tersebut sanggup menyedot perhatian banyak orang. Bahkan hingga Desember tahun lalu penjualannya sudah tembus 100 juta unit. Mau tahu ceritanya? Pantengin terus ya Honda Lovers.

Jadi ceritanya di tahun 1956, Presiden Honda yang namanya Soichiro Honda beserta Managing Directornya, Takeo Fujisawa pelesir ke Eropa buat meneliti motor apa yang bakal mereka produksi nantinya. Nah, mereka menemukan banyak perbedaan di setiap negara Honda Lovers. Berdasarkan data yang mereka dapat di Eropa, mulai akhir 1956 sampai 1957 mereka berdua langsung memulai proyek barunya. Konsepnya sih harus unik, Jepang banget dan keren.

“Saat itu semua orang di Honda berbicara soal pentingnya mesin yang besar. Namun kami juga setuju bahwa kami harus fokus pada produksi motor kecil yang bisa menandai era baru Honda,” katanya perancang transmisi Honda Super Cub, Akira Akima.

Proses produksi pun dimulai. Fujisawa mematok target penjualan hingga 30 ribu unit per bulan termasuk melakukan ekspor. Padahal saat itu total motor yang terjual setiap bulan mencapai 40 ribu unit. Namun lantaran sesuai dengan konsep pintar, menyenangkan, murah dan bisa dipakai oleh siapa saja, membuat motor ini mampu laku 24 ribu unit hanya dalam waktu 5 bulan setelah dirilis. Sementara di tahun keduanya terjual 167 ribu unit dan laris 560 ribu unit di tahun ketiga.

Booming Honda Super Cub di Negara Paman Sam terjadi pada medio 62 sebanyak 40 ribu unit setelah hanya laku seribu unit di tahun 1961. Lepas kampanye Nicest People lewat iklan “You Meet the Nicest People on a Honda” serta “The Nicest Things Happen on a Honda”, penjualan motor dimaksud meroket hingga 200 ribu unit di tahun 1963. Saat dijual di AS, namanya berubah menjadi Honda 50, Honda Passport C70 dan C90.

Varian pertama dari Super Cub lahir di April 1960 dengan nama C102. Varian ini hadir dengan tambahan fitur starter elektrik, aki dan coil ignition. Tiga tahun kemudian muncul C200 bermesin OHV 86,7cc diikuti oleh CM90 di 1965. Di 1966 hadir C50 yang diproduksi hingga pertengahan tahun 1980. Setelah Honda mengaplikasikan teknologi Capacitor Discharge Ignition (CDI) di motor ini pada tahun 1982, dua tahun berikutnya pabrikan sayap kepak ini mendesain ulang beberapa varian Cub di beberapa negara.

Pada tahun 1986 Honda mengenalkan mesin HA05E berkapasitas 100cc di pasar Asia. Khususnya pasar-pasar dimana underbone sangat populer, seperti Thailand, Malaysia dan Vietnam. Model dimaksud dikenal dengan nama Honda Dream di Thailand dan Honda EX5 di Malaysia sebelum distandarisasi menjadi Honda EX5 Dream di 2003. Pada tahun 2007, Honda mulai menerapkan teknolofi PGM-FI fuel injection pada Honda Cub di pasar Jepang untuk mereduksi emisi gas buang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *