Tips Beli Motor Bekas Harga Murah Tapi Masih Bagus

Mempunyai sebuah motor baru merupakan impian untuk menjalankan segala aktifitasnya. Namun tingkat harga motor baru yang semakin mahal menjadikan orang ragu sebab keterbatasan anggaran biaya. Lihat juga update harga motor Honda Jatim terbaru di website ini. Salah satu cara yang paling sederhana yakni membeli motor bekas, tapi jangan asal beli motor bekas. Nah, supaya tidak tertipu dalam memilih motor bekas.
Berikut beberapa tips beli motor bekas harga murah tapi masih bagus yang disebar oleh Divisi Humas Polri, antara lain

1. Cek Harga Pasaran

Sebelum membeli motor bekas, ada baiknya mengecek harga motor bekas yang ada di pasaran dahulu. Mungkin lewat koran, majalah, maupun situs online penjual motor bekas. Sehingga tak akan menjadi sia-sia ketika harus berhadapan langsung dengan mobil bekas yang akan dibeli nanti, karena Anda sudah tahu patokan harganya terlebih dahulu.

2. Cek Nomor Rangka Dan Mesin Motor

Selanjutnya anda wajib memeriksa nomor rangka dan mesin motor, kemudian cocokkan pada nomor rangka juga nomor mesin yang tercantum pada STNK ataupun BPKB. Jika nomor tersebut sama, hal itu bukan berarti motor bekas itu asli, Perhatikanlah dengan sangat teliti apakah nomor rangka dan mesin motor merupakan asli dan ketokan kasar (seringnya penjual / penadah motor curian mengganti nomor rangka serta mesin dengan di ketok). Mungkin Anda bisa menanyakan keaslian nomor tersebut lewat SMS Khusus layanan Polisi.

3. Cek Kondisi Fisik Motor

Cek kondisi pada bodi, spion, baut, dan perlengkapan lainnya (bagian yang orisinil), usahakan dalam kondisi baik dan tidak ada goresan.

4. Cek Kondisi Oli Motor

Perhatikan buka dan ukur oli di dalam mesin. Pastikan ukuran oli pada motor tersebut tidak berlebihan, sebab oli berlebih menjadikan mesin lebih halus, sehingga membuat suara asli motor tersebut akan menimbulkan bunyian kasar maupun berisik.

5. Cek Speedometer

Perhatikan spedometer dalam kondisi fisik lengkap, tidak adanya bekas pembongkaran. Perhatikan juga jumlah km yang telah ditempuh pada motor itu. Apabila pada spedometer diatas 20.000 KM dapat dipastikan banyak komponen mesin yang harus segera dibongkar atau diganti dengan yang baru. Tentunya ini memerlukan biaya yang tak sedikit.

6. Hidupkan Mesin Motor

Lakukan percobaan dengan menghidupkan mesin motor, apakah dapat stationer / langsam. Sebab kondisi mesin yang tidak bermasalah bisa langsam dalam putaran kurang lebih 1.500 rpm. Perhatikan juga tidak ada suara yang kasar di dalam mesin.

7. Cek perpindahan gigi

Coba perhatikan posisi perpindahan pada gigi apakah bisa lancar atau tidak. Jika terasa sulit menandakan kampas kopling motor akan segera habis. Kalau perlu minta ijin pada pemilik motor tersebut untuk melakukan test drive.
Itulah beberapa tips terbaik untuk membeli motor bekas yang terbaik. Semoga bisa bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *